Informasi Seputar Wirausaha
Support by Rzlfotocopy.com

Pemerintah Targetkan 5.000 Wirausaha Baru


Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Gati Wibawaningsih menargetkan penciptakan 5.000 wirausaha baru dan pengembangan 1.200 sentra IKM pada 2017.

“Kami menargetkan tahun 2019 bakal tersedia 20.000 wirausaha baru. Sebab untuk menjadi negara industri yang maju, syaratnya jumlah wirausaha wajib ada 2% dari populasi penduduk, dan kami baru separuhnya atau sekitar 1%,” papar Gati melewati keterangan resmi, Sabtu (4/3/2017).

Dalam program pengembangan produk IKM, tahun ini bakal ada bimbingan dan fasilitasi penerapan standarisasi dan sertifikasi, pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dan pembetulan tampilan kemasan dan merek terhadap 412 IKM.

“Oleh sebab itu, pelaku IKM butuh mengoptimalkan peran klinik kemasan yang dimiliki oleh Kemenperin. Mereka bisa berkonsultasi mengenai pembuatan kemasan yang lebih baik untuk produk-produknya sesuai selera pasar saat ini,” ungkap Gati.

Sementara itu, program restrukturisasi mesin dan peralatan, diperbuat melewati skema potongan harga pembelian mesin dan peralatan terhadap 163 IKM. Besarnya potongan harga minimal Rp 20 juta dan maksimal Rp 500 juta.

"Kemenperin sudah menganggarkan dana kurang lebih Rp 11 miliar untuk program restrukturisasi ini pada tahun 2017," tuturnya.

Pemberian potongan harga dibedakan untuk industri kecil kurang lebih 25% sampai 30% dari harga pembelian, sedangkan untuk industri menengah bakal memperoleh potongan harga sebesar 25% sampai 35%.

Potongan harga juga bakal dibedakan antara pembelian mesin impor dan mesin produksi dalam negeri. Potongan harga 25 persen diberbagi untuk pembelian mesin impor dan 30 persen untuk mesin produksi dalam negeri.

Selanjutnya, Kemenperin tahun ini bakal memfasilitasi pasar bagi 217 IKM nasional melewati promosi dan pemasaran produk dengan keikutsertaan pada pameran dalam dan luar negeri.

"Negara tujuan promosi dan pemasaran antara lain, Australia, Jepang, Dubai World Trade Centre, Moskow, Frankfurt, Hong Kong, Singapura, dan Hanover," pungkasnya. (Kompas)

Anda sedang mencari peluang usaha/bisnis yang memiliki prospek menjanjikan? Usaha fotocopy dari dulu sampai sekarang masih memiliki peluang. Kami dari CV Restu Jaya Sentosa menyediakan Mesin Fotocopy bagi anda yang ingin memulai usaha fotocopy / copy center. Siap kirim ke seluruh Indonesia. Gratis pengiriman untuk Jabodetabek. Garansi 1 tahun.

Hubungi kami :
CV Restu Jaya Sentosa
Mobile : 0815 930 5723
Telp : 0217457959
Email : rzlcopy151@gmail.com
Website : http://rzlfotocopy.com
Tag : wirausaha
Back To Top