Informasi Seputar Wirausaha
Support by Rzlfotocopy.com

Pengajuan Bantuan Wirausaha Pemula Kini Secara Online



Mulai tahun ini, program Wirausaha Pemula (WP) bakal dengan pola e-Proposal. Dengan pola ini, nantinya semua pengajuan WP bisa dilakukan via website.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo berkata, sesuai dengan arah kebijakan alokasi WP 2017 tersedia tiga fokus, yaitu daerah tertinggal dan perbatasan, daerah kawasan ekonomi khusus (KEK), dan daerah antar kelompok pendapatan (berpendapatan rendah/masyarakat miskin).

Menyadari belum semua daerah melek teknologi, lanjut Braman, pihaknya telah meminta dinas-dinas koperasi di provinsi, kabupaten, dan Kota, untuk menyisir daerah-daerah miskin yang berada jauh dari kota yang belum familiar dengan internet.

"Nah, dinas-dinas tersebut yang bakal mendata para WP di daerah, yang kemudian bakal diajukan sebagai peserta WP 2017. Khusus untuk mereka, dibolehkan pengajuan proposal WP dengan cara hardcopy," kata dia, Minggu (15/1/2017).

Sementara menyangkut persyaratan WP, Braman menyebutkan di antaranya dengan cara individu mempunyai rintisan usaha produktif dengan minimal usaha telah berlangsung enam bulan dan maksimal tiga tahun. "Ini dituangkan dalam surat pernyataan," lanjut dia.

Persyaratan lainnya, belum sempat menerima bantuan sejenis dari Kemenkop dan UKM, maksimal usia 45 tahun, pendidikan minimal SLTP/sederajat, mempunyai KTP yang berlaku, ada legalitas usaha (ijin usaha mikro kecil) surat keterangan dari kelurahan, sempat mengikuti pembekalan kewirausahaan dengan ditunjukkan sertifikat maksimal dua tahun sebelum tahun biaya berlangsung.

"Bagi yang belum mempunyai sertifikat dan mempunyai prospek bisnis bakal diikutkan pembekalan alias Bimbingan Teknis," kata dia.

Yang tak kalah penting adalah memenuhi persyaratan dengan mempunyai rencana usaha (Business Plan) dan mempunyai rekeninng tabungan yang tetap aktif (ada saldo minimal).

Braman membahas, bantuan pemerintah melewati program WP tersebut berfungsi untuk mengurangi kesenjangan ketenagakerjaan dan meningkatkan pendapatan masyarakat, terutama usaha mikro.

"Program ini adalah amanat RPJMN 2015-2019 yang mentargetkan satu juta wirausaha baru dan Kemenkop UKM memperoleh alokasi 24.800 wirausaha baru," ungkap dia.

Sedangkan terkait evaluasi WP 2015, Braman membahas, sasaran WP 2015 setidak sedikit 3.560 WP dengan biaya Rp 88,4 miliar, realisasi mencapai 8.362 WP alias ?33?,71 persen dari sasaran RPJMN.

"Tahun 2016 program WP untuk sementara ditunda mengingat ada kebijakan penghematan anggaran, semula telah dianggarkan Rp 8 miliar untuk 400 WP," tutur dia.

Hasil evaluasi dan monitoring program wirausaha pemula setidak sedikit 1.874 orang dengan nilai bantuan Rp 32,8 miliar, dipergunakan untuk modal kerja sebesar Rp 10,6 miliar dan modal investasi sebesar Rp 22,1 miliar.

"Perkembangannya, meningkatkan tenaga kerja setidak sedikit 1.317 orang meningkat 39,2 persen dari total tenaga kerja sebelumnya 2.037 orang. Meningkatkan aset usaha sebesar Rp 14,1 miliar alias 38,5 persendari total aset sebelumnya Rp 22,5 miliar. Dan meningkatkan omzet usaha sebesar Rp 6,1 miliar alias 29,15 persen dari total omzet sebelumnya Rp 14,9 miliar," ucap dia.

Anda sedang mencari ide bisnis yang memiliki prospek menjanjikan? Usaha copy center dari dulu sampai sekarang masih memiliki peluang. Kami dari CV Restu Jaya Sentosa menyediakan Mesin Fotocopy bagi anda yang ingin memulai usaha copy center. Gratis pengiriman untuk Jabodetabek. Siap kirim ke seluruh Indonesia. Garansi 1 tahun.

Hubungi kami :
CV Restu Jaya Sentosa
Mobile : 0815 930 5723
Telp : 0217457959
Email : rzlcopy151@gmail.com
Website : http://rzlfotocopy.com
Tag : wirausaha
Back To Top