Informasi Seputar Wirausaha
Support by Rzlfotocopy.com

Menjalankan Marketing dengan Budget Minim

Meningkatnya jumlah pelaku usaha di Indonesia, pastinya memberbagi akibat yang lumayan positif bagi perkembangan ekonomi nasional. Meskipun jumlah pelaku UKM sekarang belum memenuhi standar ideal, tetapi dapat dikatakan hampir setiap hari timbul pemain-pemain baru yang ingin memperlawankan hidup di dunia usaha. Kondisi inilah yang kemudian menuntut para pelaku usaha maupun para pemula untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun taktik pemasaran dan berkompetisi memenangkan persaingan pasar.

Apabila perusahaan-perusahaan besar berani mengeluarkan budget maksimum untuk mendongkrak pemasaran produknya, maka para pelaku usaha kecil dan menengah dituntut untuk dapat menyusun taktik pemasaran yang low budget high impact untuk memenangkan persaingan yang ada. Dengan taktik tersebut, diinginkan setiap rupiah yang dikeluarkan para UKM dapat memberbagi akibat pemasaran dengan tinggi mungkin bagi perkembangan bisnisnya.

Kira-kira taktik pemasaran apa saja yang dapat dijalankan para pelaku UKM dengan budget minim? Berikut kita informasikan 5 taktik pemasaran dengan budget minim yang dapat Kamu jalankan untuk memenangkan persaingan pasar.

- Pancing respon konsumen dengan sesuatu yang unik
Sesuatu yang unik biasanya bakal memancing rasa penasaran para konsumen, tips inilah yang dapat Kamu kegunaaankan dengan baik untuk memperoleh perhatian khusus dari khalayak ramai. Ketika produk Kamu sukses memancing rasa penasaran konsumen, dengan cara tak langsung mereka bakal menginformasikan keunikan tersebut terhadap orang-orang terdekat mereka, jadi tak menutup kemungkinan bila produk Kamu bakal menjadi sorotan media dan diperbincangkan tak sedikit orang. Melewati taktik promosi word of mouth (dari mulut ke mulut), Kamu tak butuh mengeluarkan anggaran tambahan untuk mendatangkan tak sedikit pelanggan.

- Perpanjang jangkauan pemasaran melewati para agen
Bila perusahaan-perusahaan besar memilih memakai sistem franchise untuk membutuhas jangkauan pasarnya, maka sebagai pelaku UKM Kamu dapat menjalin kerjasama dengan para penyuplai untuk memasarkan produk-produk Kamu ke beberapa penjuru daerah. Dalam faktor ini Kamu dapat memperkenalkan kerjasama yang saling menguntungkan, dengan sistem sederhana dan komisi yang menarik. Contohnya saja membuka kesempatan kerjasama bagi para reseller di seluruh Indonesia yang ingin memasarkan produk Anda. Berbagi komisi yang lumayan besar supaya mereka terus loyal untuk memasarkan produk-produk Anda.

-  Branding melewati endorsement
pemasaran modal minimYang ketiga yaitu melakukan branding produk melewati sistem endorsement. Taktik pemasaran ini dapat Kamu jalankan dengan menggandeng seorang public figure yang tepercaya menjadi salah satu kunci dari endorsement Anda. Tak butuh membayangkan budget yang terlalu mahal, sebab sebagian besar pelaku endorse (public figure) melakukan promosi tersebut dengan cara gratis. Taktik ini akhir-akhir mulai dipakai para pelaku bisnis online. Biasanya pelaku UKM online hanya mengirimkan contoh gambar produk terhadap calon endorse melewati akun twitter, kemudian bila si public figure menyetujui penawaran yang disampaikan, UKM bakal mengirimkan beberapa sampel produk yang ingin mereka promosikan ke alamat public figure. Selanjutnya tugas sang endorse hanya bergaya di depan kamera memakai produk UKM tersebut dan mengupload hasil gambarnya ke akun twitter pribadi mereka sembari meningkatkankan sedikit testimoni.

- Promosikan bisnis Kamu di dunia maya
Selain mekegunaaankan promosi offline, Kamu juga dapat merambah dunia maya untuk memasarkan produk-produk Anda. Pesatnya kemajuan internet dan meningkatnya daya beli konsumen di pasar online, memberbagi lubang baru bagi Kamu untuk mempromosikan bisnis Kamu baik di tingkat lokal, nasional, bahkan sampai tembus ke pasar internasional. Dengan bantuan internet yang tanpa batas, Kamu dapat membuka lapak online memakai situs gratisan maupun berbayar, aktif di forum-forum online untuk memperkuat brand produk Anda, dan mekegunaaankan jejaring sosial untuk mempromosikan produk-produk unggulan Anda.

- Sebarkan e-catalog terhadap calon konsumen
Bila untuk membikin majalah alias buletin katalog membutuhkan anggaran cetak yang lumayan mahal, maka Kamu dapat mengantisipasinya dengan menyebarkan e-catalog alias katalog elektronik melewati alamat email calon konsumen Anda. Taktik ini lumayan mempermudah Kamu untuk menjaring konsumen di beberapa daerah dan meminimalisir anggaran promosi sebab semuanya dapat Kamu jalankan dengan cara gratis dengan bantuan internet. Biasanya e-catalog berbentuk soft copy yang dikirim ke alamat email calon konsumen. Dengan begitu konsumen dapat mengenal gambar produk yang Kamu pasarkan dan dapat melakukan pemesanan melewati sistem online.(Detik.com)
 
Anda sedang mencari ide bisnis yang memiliki prospek menjanjikan? Usaha copy center dari dulu sampai sekarang masih memiliki peluang. Kami dari CV Restu Jaya Sentosa menyediakan Paket Usaha Fotocopy bagi anda yang ingin memulai usaha copy center. Gratis pengiriman untuk Jabodetabek. Siap kirim ke seluruh Indonesia. Garansi 1 tahun.

Hubungi kami :
CV Restu Jaya Sentosa
Mobile : 0815 930 5723
Telp : 0217457959
Email : rzlcopy151@gmail.com
Website : http://rzlfotocopy.com

Related Post:

Back To Top